Company Visit ke BAPPERIDA Kabupaten Pekalongan: Mahasiswa Akuntansi Syariah Perdalam Pengetahuan tentang Implementasi Penyusunan APBD dan Anggaran Berbasis Kinerja

27 May 2024

Pekalongan (27/05) - Sebanyak 21 Mahasiswa Peminatan Akuntansi Sektor Publik kelas Mata Kuliah Perencanaan Keuangan Publik Program Studi Akuntansi Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengikuti kegiatan Company Visit yang bertujuan mendalami Implementasi Penyusunan APBD dan Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja secara langsung dari praktisi. Kegiatan ini diselenggarakan di Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (BAPPERIDA) Kabupaten Pekalongan pada Rabu, 22 Mei 2024.

Kegiatan Company Visit diawali dengan pembukaan kemudian dilanjutkan sambutan dari Bapak Dwi Heru Satriyo M.M., Kepala Bidang Litbang BAPPERIDA Kabupaten Pekalongan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa BAPPERIDA memiliki peran penting dalam perencanaan keuangan daerah, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. "Semuanya harus terencana, terstruktur, memiliki tujuan yang jelas dan dapat tercapai dengan baik," ungkapnya.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Bapak Pratomo Cahyo Kurniawan M.Ak., selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Perencanaan Keuangan Publik sekaligus pendamping kegiatan ini. Beliau menyampaikan terima kasih kepada BAPPERIDA Kabupaten Pekalongan atas kesediaannya menerima kunjungan dari mahasiswa. Beliau juga menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan company visit, agar mahasiswa dapat mengetahui langsung dari praktisi terkait implementasi penyusunan APBD dan anggaran berbasis kinerja kabupaten pekalongan. "Harapannya teori yg dipelajari di kelas dapat diterapkan juga di lapangan,” jelas Pratomo.

Pemaparan materi dengan tema "Implementasi Penyusunan APBD dan Anggaran Berbasis Kinerja" disampaikan secara langsung oleh Bapak Dwi Heru Satriyo M.M. Dalam kesempatan tersebut beliau menjelaskan tentang proses perencanaan dan penganggaran, tahapan proses perencanaan, serta isu strategis Kabupaten Pekalongan Tahun 2021-2026. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diajukan oleh beberapa mahasiswa antara lain Nafidha, Abdu Malik Ardiansyah, Burhanudin, Linda Martalia, Khairun Nisa, dan Nurris Kiyani yang bertanya mengenai peran UIN K.H. Abdurrahman Wahid terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pekalongan, bagaimana koordinasi BAPPERIDA dengan OPD lain untuk penyusunan APBD, apa saja upaya BAPPERIDA dalam menjaga akuntabilitas, upaya apa yang dilakukan untuk mengurangi ketergantungan dana transfer dari pemerintah pusat, siapa saja yang terlibat dalam musrenbang dan kendala apa yang dihadapi dalam perencanaan APBD serta solusinya. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kemudian di jawab oleh narasumber.

Kegiatan Company Visit diakhiri dengan penyerahan plakat kepada narasumber dan foto bersama. Dengan melibatkan mahasiswa dalam kegiatan Company Visit semacam ini, diharapkan mereka dapat memperluas wawasan dan keterampilan praktis yang diperlukan dalam dunia nyata. Hal ini juga menjadi langkah positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, serta memberikan kontribusi yang bernilai dalam persiapan mereka untuk karir di bidang keuangan publik.


Penulis : Linda Martalia

Editor  : Serin Himatus Soraya

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…