KKN Kelompok 30 Adakan Malam Bina Iman dan Taqwa Bersama IPNU IPPNU Desa Rowolaku

27 March 2024

Pekalongan (27/3) - KKN Tematik Moderasi Beragama kelompok 30 UIN K.H. Abdurraman Wahid Pekalongan adakan malam bina iman dan taqwa (MABIT) bersamaan dengan Rapat Anggota (RA) PR. IPNU IPPNU Desa Rowolaku pada hari Sabtu, 23 Maret 2024 bertempat di TPQ Roudhlotuth Tholibin.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi kegiatan. Pada sesi pertama dilaksanakan Rapat Anggota IPNU-IPPNU Desa rowolaku pada pukul 17.00 – 22.00 WIB. Kemudian, dilanjutkan dengan acara Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT)  pukul 22.00 – 24.00 WIB.

Sesi Pertama, Rapat Anggota IPNU-IPPNU merupakan program kerja terakhir kepengurusan IPNU-IPPNU ranting Desa Rowolaku masa khidmat 2022-2024. Pada kepengurusan periode ini dipimpin Rekan Andhika Setya Putra dari IPNU dan Rekanita Nur Azizah dari IPPNU. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta anggota IPNU dan IPPNU Desa Rowolaku serta dihadiri dua delegasi dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kec. Kajen, dan beberapa Pembina IPNU sebagai tamu undangan dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan ini, diawali dengan khataman Qur’an bersama, sholat maghrib berjamaah dan dilanjutkan dengan buka bersama seluruh peserta, tamu undangan dan mahasiswa KKN. Selama berlangsungnya buka bersama terlihat suasana yang hangat, seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut turut berbaur, saling berkomunikasi satu sama lain, dan menikmati hidangan buka puasa dalam suasana gembira.

Setelah, buka bersama dilanjutkan dengan  sholat tarawih berjamaah yang dilaksanakan di Musholla Ushulludin RT. 01/RW.2 Desa Rowolaku bersama dengan masyarakat sekitar. Selepas itu, dilangsungkan kegiatan Rapat Anggota IPNU-IPPNU yang berisikan pembacaan laporan pertanggung jawaban oleh ketua IPNU IPPNU diikuti oleh koordinator per-departemen selama masa jabatan berlangsung. Setelah dibacakan laporan pertangung jawaban, kegiatan selanjutnya ialah pemungutan suara untuk memilih calon ketua IPNU-IPPNU yang dipimpin oleh perwakilan PAC Risqi Fitrinova dan Zulian Abdillah. Terdapat empat calon Ketua IPNU dan tiga calon Ketua IPPNU. Setelah pemungutan suara diperoleh hasil suara terbanyak dimenangkan oleh Rekan Falah dan Rekanita Mely sebagai mandataris Ketua IPNU-IPPNU Desa Rowolaku periode 2024 – 2026.

Sesi Kedua, kegiatan ini dilanjutkan dengan MABIT yang diisi oleh mahasiswa KKN kelompok 30. Kegiatan ini kurang lebih berisikan sosialisai mengenai moderasi beragama. Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memperkenalkan kepada generasi muda terkait kesadaran dan pentingnya menanamkan sikap toleransi dalam beragama.

Amma Chorida Adila selaku Ketua panitia kegiatan MABIT menyampiakan bahwa MABIT merupakan bagian dari program unggulan KKN 58 kelompok 30 sebagai bentuk respon adanya kegiatan KKN Tematik Moderasi beragama di tiga desa sekitar wilayah kampus. Adapun, dalam kegiatan ini meliputi tiga rangkaian acara yakni pengenalan konsep moderasi beragama, ice breaking, game edukasi dan visual drawing makna moderasi beragama dan penayangan video.

“Kami KKN  kelompok 30 merencanakan MABIT dengan sasaran para remaja desa Rowolaku yang tergabung dalam IPPNU-IPNU sebagai wujud pengabdian mencegah adanya faham radikalisme, intoleran dan aksi-aksi kekerasan media sosial, yang mana sudah mulai masuk kedalam dunia anak dan remaja,” tutur Amma.

Terlihat ada umpan balik yang baik dari para peserta IPNU-IPPNU yang terlihat bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan MABIT.  Sebelum acara ini selesai, Ana Chonitsa mewakili mahasiswa KKN kelompok 30 mengucapkan terimakasih atas segala bentuk kesediaan organisasi IPNU-IPPNU Desa Rowolaku untuk berkolaborasi melaksanakan dua kegiatan bersama dengan mahasiswa KKN UIN Gus Dur kelompok 30. Setelah, ucapan terima kasih dilanjutkan dengan dokumentasi bersama kepada seluru peserta dan kegiatan bersih-bersih ruang secara bersama.


Kontributor : Aqilia Atsila

Editor         : Anik Maghfiroh

 

 

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…