KKN UIN Gus Dur Gelar Sosialisasi Sex Education Cegah Kekerasan Seksual di SMP 03 Kajen

28 March 2024

Pekalongan (28/03) - Mahasiswa KKN 58 Kelompok 22 UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) menggelar sosialisasi “Sex Education Pada Remaja” Di Desa Gandarum, Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran tentang bagian tubuh yang boleh di pegang dan tidak boleh disentuh orang lain, serta memberikan pemahaman tentang cara menghindari kekerasan seksual dan bagaimana upaya untuk menghadapi jika terjadi kekerasan seksual dan bagaimana upaya untuk menghadapi jika terjadi kekerasan seksual.

Adanya kegiatan ini dilatarbelakangi karena melihat banyaknya remaja yang masih sekolah menjadi korban kekerasan seksual. Kegiatan ini juga mendukung untuk remaja agar mengetahui bagaimana bahayanya jika kekerasan seksual terjadi di masa remaja khususnya siswa SMP yang masih mencari jati dirinya.

Sosialisasi sex education ini dilaksanakan di SMP N 03 Kajen, Desa Gandarum, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan pemateri dari kegiatan ini yang diisi oleh mahasiswa KKN 58 Kelompok 22 UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Kepala sekolah SMP N 03 Kajen, berserta guru dan staf karyawan sangat terbuka dan turut andil dalam meramaikan acara yang diselenggarakan ini. Serta kehadiran seluruh Mahasiswa KKN 58 Kelompok 22 UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan menjadi pelengkap dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan Sosialisasi Sex Education dimulai dengan serangkaian acara memberikan materi secara langsung kepada siswa SMP N 03 Kajen. Acara berlanjut dengan diberikannya games untuk siswa agar tidak bosan dan jenuh setelah mendengarkan materi yang diberikan oleh pemateri.

Langkah berikutnya dalam kegiatan ini adalah siswa diberikan pertanyaan mengenai materi yang telah diberikan yang bertujuan untuk mengukur seberapa pemahaman siswa terkait materi tersebut.

Danang Nur Hartanto selaku koordinator desa mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman terhadap siswa remaja tingkat SMP tentan pentingnya menjaga bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak disentuh orang lain. Tidak lupa mengucapkan terimakasih sebesar besarnya untuk seluruh pihak yang sudah terkait dan terlibat dalam kesuksesan kegiatan ini.

“Terimakasih khusus di sampaikan kepada Mba Maela Alhusna selaku pemateri, dan pihak sekolah yang sudah memberikan waktu dan kesempatan untuk KKN 58 Kelompok 22 UIN K.H Abdurrahman Wahid sehingga bisa menyelenggarakan acara tersebut dengan lancar,” ujarnya.


Kontributor : Tim KKN Kelompok 22

Editor         : Anik Maghfiroh

 

 

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…