Mahasiswa KKN 58 Kelompok 5 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Menggelar Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Pada Anak Dan Pentingnya PKK

28 March 2024

Pekalongan - Mahasiswa yang terlibat dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN  K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan di Desa Banjarejo kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan mengambil langkah aktif dalam menyuarakan kesadaran pencegahan kekerasan pada anak serta pentingnya Peran PKK sebagai pilar utama dalam pembentukan perempuan yang berdikari. . Ahad, 10 Maret 2024, Balai Desa Banjarejo.

Kelompok 5 mahasiswa KKN 58 yang berasal dari UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) telah memilih untuk memfokuskan perhatian mereka pada isu kekerasan terhadap anak-anak. Mereka mengenali kebutuhan mendesak untuk memberikan pemahaman dan dukungan kepada masyarakat agar dapat membentuk lingkungan yang aman dan mendukung perkembangan anak-anak.

Ketua kelompok 5 yang sekaligus menjadi pemateri pada acara ini, Reza Ja'far Shodiq mengajak peserta untuk berhenti membully.  "Stop bullying, kami merasa tanggung jawab untuk memberikan suara kepada anak-anak yang mungkin belum bisa menyuarakan pengalaman mereka. Pencegahan kekerasan pada anak tidak hanya menjadi tugas pemerintah, tetapi juga tanggung jawab bersama masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung perkembangan anak-anak, terkhusus didikan orang tua yang menjadi peran aktif," tutur Reza.

Selain fokus pada pencegahan kekerasan, mahasiswa KKN juga menyoroti peran PKK dalam membangun keluarga yang sehat dan harmonis. Mereka menjelaskan pentingnya keluarga yang terlibat dalam kegiatan PKK, termasuk pendidikan kesehatan, perencanaan keluarga, dan pembentukan pola asuh positif.

Dosen pembimbing lapangan yang sekaligus menjadi pemateri pada acara ini, Ulfa Kurniasih, M.Hum., mengungkapkan, PKK memiliki peran kunci dalam membentuk keluarga yang seimbang dan mendukung tumbuh kembang anak-anak. Kami berharap masyarakat dapat lebih menyadari betapa pentingnya aktif berpartisipasi dalam kegiatan PKK untuk menciptakan fondasi keluarga yang kuat.

Melalui program ini diharapkan akan memberikan contoh nyata bahwa mahasiswa memiliki potensi besar untuk menjadi agen perubahan dalam masyarakat. Dengan fokus pada isu-isu sosial seperti pencegahan kekerasan pada anak dan peran PKK, mereka dapat membantu menciptakan perubahan positif yang melibatkan seluruh komunitas.


Kontributor  : KKN Kelompok 5

Penulis         : Anik Maghfiroh

Editor          : Baryachi

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…