Mahasiswa UIN Gus Dur Pekalongan Berikan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Modern di Desa Wangkelang

27 March 2024

Pekalongan – Sebanyak 11 mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) yang tergabung dalam KKN 58 kelompok 25, bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dicky Anggriawan Nugroho, M.Kom, mengadakan pelatihan pembuatan pakan ternak modern silase pada hari Rabu (20/3/2024). Kegiatan ini diikuti oleh warga Desa Wangkelang, Kandangserang, Kabupaten Pekalongan.

Sebelum acara pelatihan dimulai, diadakan sambutan dari Kepala Desa Wangkelang, Slamet Priyadi. Dalam sambutannya, Slamet menyampaikan rasa terima kasih kepada UIN Gus Dur Pekalongan yang telah memilih Desa Wangkelang sebagai lokasi KKN.“Kami sangat senang dengan kehadiran mahasiswa UIN Gus Dur di desa kami. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan manfaat bagi warga desa,” kata Slamet.

Silase atau silage  merupakan metode fermentasi hijauan pakan ternak dengan tujuan untuk mengawetkan dan meningkatkan kualitas pakan. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada warga desa dalam membuat pakan ternak modern yang tahan lama dan berkualitas.

Erwan Subiyanto, Amd selaku narasumber pelatihan menjelaskan bahwa silase dapat dibuat dari berbagai jenis hijauan pakan ternak, seperti rumput, jagung, dan kacang-kacangan. Proses pembuatannya cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal.“Dengan membuat silase, peternak tidak perlu lagi mencari pakan ternak setiap hari. silase dapat disimpan hingga bertahun-tahun tanpa mengalami kerusakan,” jelas Erwan.

Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka mendapatkan teori dan praktik langsung tentang pembuatan silase. “Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami jadi tahu cara membuat pakan ternak yang mudah dan murah,” kata salah satu peserta pelatihan.

Dosen Pembimbing Lapangan, Dicky Anggriawan Nugroho, berharap pelatihan ini dapat membantu meningkatkan kualitas peternakan di Desa Wangkelang, dan kemudian hari dapat lebih berkembang sampai ke pemberian pakan otomatis. “Dengan pakan ternak yang berkualitas, diharapkan peternak dapat menghasilkan ternak yang sehat dan produktif,” kata Dicky.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Gus Dur Pekalongan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat terjalin hubungan yang baik antara mahasiswa dan masyarakat desa.

11 Tim Mahasiswa yang terlibat yakni; Farichul 'Ilma, Izzatul Fatimah Azzahra, Dewi Khoirunisah, Nashrotun Navila, Muhammad Roisa Machfudh, Widiyasih, Afifudin, Reza Marzuki, Faiq Rafif, Rifqori, Ulya Putri Asfi, Ulfatus Solikha.


Kontributor  : Dicky Anggriawan Nugroho

Editor          : Baryachi

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…