Manfaatkan Sumber Daya Alam KKN Gus Dur Adakan Pelatihan Pupuk Organik  

28 March 2024

Pekalongan (28/03) - Pada Sabtu tanggal 09 Maret 2024 Mahasiswa Kelompok 20 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Gus Dur Pekalongan mengadakan  pelatihan  pembuatan pupuk organik bagi masyarakat Desa Kaliboja. Pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Kaliboja dengan dihadiri puluhan warga.

Pelatihan yang diselenggarakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui optimalisasi sumber daya alam yang ada yakni pembuatan pupuk dari kotoran sapi. Dengan Tema “Optimalisasi Pembuatan Pupuk dari Kotoran Sapi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Kaliboja”.

Menghadirkan pemateri utama, Ir. Fahri Safagutan, seorang ahli dalam bidang pertanian, memberikan wawasan mendalam tentang teknik pembuatan pupuk organik dari kotoran sapi.

Peserta pelatihan, yang terdiri dari pemiliki peternak sapi dan sebagian masyarakat serta para pemuda karangtaruna Desa Kaliboja, mereka sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi pelatihan. Mereka belajar cara mengelola kotoran sapi menjadi pupuk yang bernilai tambah bagi pertanian mereka. Keahlian yang diperoleh diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian secara berkelanjutan dan memperbaiki kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Kaliboja.

Pelatihan ini merupakan salah satu langkah konkrit dari mahasiswa KKN kelompok 20 untuk berkontribusi dalam pembangunan pedesaan khususnya bagi para peternak sapi dan petani. Para peternak mampu mengolah limbang kotoran menjadi pupuk dan para petani mampu mendapatkan pupuk yang dekat dan terjangkau. Akhirnya tercipta simbiosis mutualisme antara peternak dan petani.


Kontributor : Tim KKN Kelompok 20

Editor        : Anik Maghfiroh

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…