Pemberdayaan Ekonomi Melalui Pengelolaan Lingkungan dan Sampah, PSGA UIN Gus Dur Pekalongan Dampingi 7 Desa dalam Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Kabupaten Pekalongan

10 June 2024

Pekalongan - PSGA LP2M Universitas Islam Negeri KH. Abdurahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) sukses menyelenggarakan kegiatan pendampingan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA). Kegiatan yang diselenggarakan pada Senin, 3 juni 2024 ini fokus pada strategi pemberdayaan ekonomi perempuan dengan pemanfaatan lingkungan dan pengelolaan sampah.

Narasumber dalam kegiatan ini dari tim Kelompok Tani Gemah Ripah Bausasran Yogyakarta. Desa Bausasran merupakan salah satu daerah di Kota Yogyakarta yang berhasil menciptakan kampung tematik yakni kampung sayur. Pemanfaatan lahan sempit dengan program urban farming dan bank sampahnya berhasil memberdayakan ibu-ibu PKK di desa itu dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Pencapaian kampung sayur Bausasran ini telah berhasil mengantarkan Kota Yogyakarta meraih penghargaan Kota Terbaik 1 Penghargaan Pembangunan Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Bappenas. Hadir dalam kegiatan ini ketua LP2M UIN K.H. Abdurrahman wahid pekalongan, Kepala Pusat Studi Gender dan Anak, Kabid Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan Kab. Pekalongan, Kabid Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak Kab. Pekalongan, Perwakilan 7 Desa serta Dosen UIN K.H Abdurrohman Wahid Pekalongan.

Ningsih Fadhilah selaku kepala PSGA UIN Gus Dur Pekalongan mengungkapkan, Program DRPPA penting dimasifkan dalam advokasi dan diimplementasikan dengan program-program yang bisa mensupport pemberdayaan ekonomi perempuan, karena banyak kasus kekerasan dikarenakan faktor ekonomi keluarga. Ningsih Fadhilah pada kedempatan ini mengajak peserta agar selalu peka terhadap lingkungan di sekitar kita terutama tentang isu-isu serta kekerasan terhadap perempuan dan anak. Selanjutnya kegiatan di buka oleh Ketua LP2M UIN Gus Dur Pekalongan yang diwakili oleh Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Johar Ali.

 

Dalam kesempatan ini Tina Eri Astuti Kabid Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak Kab. Pekalongan mengatakan bahwasannya data kekerasan terhadap perempuan dari tahun 2020 sampai 2023 mengalami peningkatan yang signifikan. Terhitung Per Oktober 2023 Kasus Kekerasan terhadap perempuan sebanyak 61 kasus. Hal yang lebih miris terjadi terhadap kasus kasus kekerasan terhadap anak sejumlah 71 kasus per tahun 2023. “Hal ini mengingatkan kepada kita semua betapa pentingnya meningkatkan pemberdayaan perempuan dan mewujudkan desa ramah perempuan dan peduli anak,”ungkapnya.

Untuk mengatasai kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, PSGA dan LP2M UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan menghadirkan narasumber yang sangat memotifasi dan menginspirasi yaitu Winaryati, ketua Kelompok Tani Gemah Ripah Yogjakarta .

Winaryati yang kerap di sapa Ibu Winaryati Esparanza mengingatkan kepada kita semua untuk selalu mengupayakan peningkatan kualitas SDM. “Diharapkan dengan pendidikan dan pelatihan SDM perempuan yang ada di seluruh dunia khususnya di indonesia, akan memiliki keterampilan dan kemampuan untuk menciptakan industri rumahan dalam pengolahan sampah dengan harapan besar mampu mendorong dan memperkuat ketahanan keluarga di berbagai aspek khususnya dalam pengolahan sampah dari rumah tangga, pemenuhan hak ekonomi perempuan semakin di rasakan sebagai salah satu kebutuhan yang dapat meningkatkan ekonomi keluarga, mengantarkan kaum perempuan mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender sebagai langkah awal dalam mengurangi tindakan kekerasan yang terjadi pada perempuan dan anak,” terang Winaryati.

Kegiatan ini berjalan sukses sesuai dengan jadwal yang telah di buat. Peserta dalam kegiatan ini juga sangat berantusias mengikuti kegiatan pendampingan desa ramah perempuan dan peduli anak sampai dengan akhir. Terbukti dalam sesi diskusi peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai desa yang ada di Kec. Kajen, Kec. Bojong, Kec. Wonopringgo dan Kec. Karanganyar aktif bertanya terkait pengolahan sampah yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan mampu menciptakan lingkungan masyarakat yang indah, bersih, nyaman dan aman ramah terhadap perempuan dan anak.


Penulis : Ningsih Fadhilah

Editor : Baryachi

 

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…