Pusat Publikasi dan Penerbitan UIN Gus Dur Gandeng Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung Gelar Pendampingan Editor Jurnal Menuju Scopus

21 May 2024

Pekalongan (20/05) – Pusat Publikasi dan Penerbitan Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) bekerja sama dengan Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati sukses menggelar kegiatan pendampingan bagi editor jurnal dengan tujuan meningkatkan kualitas jurnal menuju standar Scopus. Kegiatan yang berlangsung pada 13-16 Mei 2024 ini bertempat di Hotel Grand Wijaya, Pemalang. Acara ini dihadiri oleh sejumlah editor dari berbagai jurnal ilmiah di UIN Gus Dur, khususnya Sinta-2 dan perwakilan dari pengelola Jurnal sekitar Kabupaten Pekalongan. Adapun Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati diwakili sekaligus pemateri kegiatan ini; Busro, S.Ud., M.Ag, Muhammad Andi Septiadi, S.Sos.M.AP dan Rifqi Syamsul Fuadi, S.T., M.Kom

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini bertujuan untuk memberikan pelatihan intensif kepada para editor jurnal tentang berbagai alat dan teknik yang dapat meningkatkan kualitas naskah artikel sesuai dengan standar internasional, khususnya Scopus. Para peserta diberikan materi dan praktek langsung mengenai penggunaan beberapa tools yang bermanfaat dalam proses editorial.

Pendampingan ini diawali dengan sambutan dari Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Gus Dur, Prof. Dr. H. Imam Kanafi, M.Ag. Ia menekankan pentingnya peningkatan kualitas jurnal sebagai upaya mendukung visibilitas dan reputasi akademik di kancah internasional. Disamping itu, UIN Gus Dur dan UIN Sunan Gunung Djati juga sudah lama memiliki ikatan kerjasama yang baik sejak. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati yang turut memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan kegiatan ini.

Selama kegiatan, para peserta mendapatkan pembekalan mengenai berbagai alat editorial yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas naskah artikel jurnal. Beberapa tools yang diperkenalkan antara lain: DeepL, Scite, Scopus ai, Autocrat, dan sebagainya.

Selain pengenalan tools, para peserta juga diberikan sesi praktek langsung yang dipandu oleh para ahli di bidangnya. Mereka diajarkan bagaimana memaksimalkan penggunaan tools tersebut untuk meningkatkan kualitas naskah sehingga layak untuk dipublikasikan di jurnal-jurnal yang terindeks Scopus.

Kegiatan ini juga membedah standard artikel yang akan dinilai oleh CSAB. Perlu diketahui, bahwa CSAB adalah tim yang dimiliki oleh Scopus atau elsevier yang ditugaskan untuk menilai seluruh jurnal yang mengajukan permohonan indeksasi Scopus.

Kegiatan ini juga menyediakan sesi diskusi dan tanya jawab, di mana para peserta dapat berkonsultasi langsung dengan para trainer mengenai berbagai tantangan yang mereka hadapi dalam proses editorial. Diskusi ini memberikan wawasan dan solusi praktis bagi para editor untuk mengatasi berbagai kendala dalam mengelola naskah artikel.

Dengan adanya kegiatan pendampingan ini, menurut Kepala Pusat Penerbitan dan Publikasi, Dr. M. Achwan Baharuddin, M.Hum, diharapkan para editor jurnal dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas naskah artikel, sehingga dapat memenuhi standar Scopus. setidaknya, dalam tahun ini ada 2-3 jurnal yang maju untuk submit ke Scopus. Langkah ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan UIN Gus Dur dan Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati untuk mendukung peningkatan kualitas publikasi ilmiah di Indonesia.


Penulis  : Achwan Baharuddin

Editor   : Baryachi

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…