Strategi Mengembangkan Ekonomi Ummat, Mahasiswa KKN 58 Adakan Pelatihan Digital Marketing dan Desain Grafis

28 March 2024

Pekalongan (28/03) - Mahasiswa Kelompok 3 KKN Angkatan 58 UIN KH Abdurrahman Wahid mengadakan Pelatihan Digital Marketing dan Desain Grafis dengan tema “Strategi Digital Marketing dengan Memanfaatkan Platform Sosial Media” di Aula Balai Desa Salit Kecamatan Kajen pada Jumat 08 Maret 2024.

Ini merupakan program kerja (Proker) unggulan dari mahasiswa kelompok 3, mengingat Desa Salit secara demografi mayoritas bermatapencaharian sebagai petani dan menekuni usaha-usaha mikro seperti usaha kue kering dan basah, cathering, usaha kelontong, pedagang kaki lima, dan lain sebagainya. Akan tetapi banyak masyarakat belum mencoba dan memaksimalkan pemasaran produknya secara online dan masih menggunakan sistem direct selling (penjualan secara langsung). Dengan adanya strategi digital marketing, diharapkan masyarakat mampu mengembangkan kreativitas produknya, dapat memotivasi masyarakat untuk meningkatkan mindset dalam menjualkan produk dan mengembangkan usahanya.

 

Penggunaan media digital diharapkan mampu menjangkau target pasar yang lebih luas. Secara isi atau konten, pemasaran digital tidak berbeda jauh dengan marketing konvensional. Bedanya, ada kesempatan untuk berinteraksi dengan calon konsumen ketika memasarkan produk melalui internet. Jadi, selain meningkatkan angka penjualan, produk beserta keunggulannya bisa lebih terkenal.

Selain meningkatkan angka penjualan, awareness produk, dan memperluas pasar, digital marketing juga memiliki beberapa tujuan lain termasuk diantaranya, meningkatkan kualitas relasi serta komunikasi pemilik usaha dengan konsumen atau calon konsumen. Diakui atau tidak, hal tersebut juga sangat penting karena yang diinginkan dalam suatu penjualan tidak hanya produk laku sesaat tetapi bisa senantiasa memiliki pelanggan dan memicu penjualan jangka panjang. Paling penting, digital marketing adalah upaya yang dilakukan pemilik usaha untuk bisa survive di era globalisasi.

 

Masyarakat juga harus memahami ketika sudah mempraktikan pemasaran secara online, ada tantangan-tantangan yang harus dihadapi ketika terjun ke dunia digital, diantara adalah tren yang berubah cepat, bersaing dengan brand nasional dan internasional, masalah data keamanan, perilaku pembelian yang tidak dapat diprediksi, dan masih banyak lagi. Namun itu semua tidaklah menjadi hambatan masyarakat untuk takut mencoba dalam dunia bisnis.

Sasaran dari program kerja ini adalah remaja Karangtaruna, Ibu-ibu PKK, dan warga yang memggeluti dalam bidang usaha rumahan. Disamping untuk mengetahui tentang strategi digital marketing juga praktik langsung mendesain grafis dengan menggunakan aplikasi canva. Agar masyarakat terbekali setelah mengikuti kegiatan dan bisa mempraktikan langsung.


Kontributor: Muhammad Ainur Rofiq

Editor        : Anik Maghfiroh

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…