UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Adakan Cultural Camp for International Students 2024 dengan Tema Harmony in Difference: Learning from the People of Linggoasri

15 May 2024

Pekalongan (14/05) –UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan melalui Pusat Layanan Internasional mengadakan kegiatan Cultural Camp for International Students selama empat hari mulai dari tanggal 13-16 Mei 2024. Kegiatan Cultural Camp yang akan difokuskan di Desa Linggoasri Kajen, Kabupaten Pekalongan ini merupakan kolaborasi antara ITS Surabaya dan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan untuk memberikan pemahaman tradisi dan budaya Indonesia kepada mahasiswa internasional.

Kegiatan Cultural Camp ini diikuti oleh 10 mahasiswa internasional ITS ini terdiri atas 6 mahasiswa Perancis, 3 mahasiwa Belanda, dan 1 mahasiswa Algeria. Selain itu kegiatan ini juga diikuti oleh 7 mahasiswa internasional UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dari Thailand, Filipinna, dan Malaysia. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim M.Ag., di ruang meeting Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam lantai 3 pada Selasa, 14 Mei 2023.

Prof. Zaenal menyambut gembira kehadiran mahasiswa peserta Cultural Camp for International Students. “Dengan senang hati dan gembira saya menyambut Anda semua di Cultural Camp for International Students yang bertemakan Harmoni dalam Perbedaan: Belajar dari Masyarakat Linggoasri Kajen Pekalongan," ucap Prof. Zaenal dalam pembukaan kegiatan tersebut.

“Tema Harmoni dalam Perbedaan menguraikan esensi dari apa yang ingin kami capai selama Perkemahan Budaya ini. Ini merupakan program singkat di mana peserta akan mendapatkan gambaran budaya dan kehidupan sosial keagamaan masyarakat di Desa Linggoasri, Kajen, Kabupaten Pekalongan. Peserta kegiatan akan mengkaji lebih dalam konsep dan implementasi moderasi beragama di masyarakat,” imbuh Prof. Zaenal.

Ditemui di lokasi acara, Isriani Hardini, M.A., Ph.D., Kepala Pusat Layanan Internasional UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengatakan dengan mengikuti kegiatan Cultural Camp for International Students ini, peserta akan melihat secara langsung kehidupan sosial dan keagamaan masyarakat Linggo, dialog kehidupan beragama masyarakat Linggo, belajar gamelan dan rebana, menari, membatik, dialog progress kerja sama perekonomian lintas iman masyarakat Linggo, dialog urgensi pengarusutamaan moderasi beragama di tengah pluralitas Bangsa Indonesia, serta refleksi dan analisis sosial terhadap kehidupan masyarakat Linggo.

Setelah pembukaan kegiatan Cultural Camp, kemudian acara dilanjutkan dengan sesi sharing hasil penelitian dan pengabdian masyarakat mengenai Kampung Moderasi Beragama Linggoasri dengan narasumber Dr. Muhammad Iqbal Birsyada, M.Pd dari Universitas PGRI Yogyakarta. Kemudian, acara diakhiri dengan penyerahan souvenir dan campus tour.


Penulis  : Isriani Hardini dan Baryachi

Editor    : Anik Maghfiroh

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…