UKM HAFILAH Adakan Rihlah Ilal Madrasah di Pekalongan Selatan

27 March 2024

Pekalongan - Unit Kegiatan Mahasiswa Hamasah Fil Lughoh Al-Arabiyah (UKM HAFILAH) mengadakan kegiatan rihlah ilal madrasah sebagai kegiatan syiar ramadhan yang diadakan pada bulan ramadhan. Kegiatan ini diadakan pada Minggu, 24 Maret 2024 di Madrasah Aliyah Salafiyah Hidayataul Athfal (MAS HIFAL) Banyurip dan Madrasah Aliyah Salafiyah YAPENSA (MAS YAPENSA) Jenggot, Pekalongan.

Pada sekolah pertama yaitu MAS HIFAL kegiatan diawali dengan berdoa dan membaca Asmaul Husna bersama. Kemudian dilanjutkan penyampaian materi mengenai al-hiwayah (Hobi) oleh Saudari Milda Alfiana dan Saudara Muhammad Afrizal Algamar. Sesi penyampaian materi disambut dengan penuh antusias oleh siswa-siswi MAS HIFAL. Dan akhir kegiatan ini ditandai dengan penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama. 

Di MAS YAPENSA kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh ketua pelaksana Dwi Meilan Maulidan dan sambutan oleh kepala sekolah MAS YAPENSA, Agus Salim, M. Pd. Dalam sambutannya Agus menyampaikan bahwa pihak sekolah sangat senang dengan adanya kegiatan ini, karena sebelumnya dari pihak sekolah jarang memiliki kegiatan seperti rihlah ilal madrasah ini.

Kemudian acara dilanjutkan penyampaian materi oleh Bahrul Ulum yaitu mengenai macam-macam mubtada dan khobar. Untuk membangun semangat siswa-siswi dalam belajar bersama UKM HAFILAH juga memberikan apresiasi kepada siswa-siswa yang sudah antusisas menyimak materi. “Kami juga memberikan hadiah bagi siswa-siswi yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pemateri,” kata Bahrul.

Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan khataman bersama yang dipimpin oleh Dwi Meilan Maulidan. Kegiatan ini di akhiri dengan buka bersama antara siswa-siswi, pengurus UKM HAFILAH serta dewan Asatidz wal Asatidzah MAS YAPENSA.

Tujuan diadakannya rihlah ilal madrasah (RIM) adalah memperkenalkan UKM HAFILAH kepada masyarakat, khususnya pelajar tingkat SMA/MA sederajat. Selain melakukan kunjungan, UKM HAFILAH juga berbagi materi dan belajar bersama siswa-siswi tentang materi bahasa arab yang sesuai dengan anak-anak Madrasah Aliyah, tentunya berguna dalam pemahaman materi sekolah dan dikehidupan sehari-hari. Selain itu, rihlah ilal madrasah juga memperkenalkan UKM HAFILAH serta UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan ke sekolah yang kami kunjungi.


Kontributor  : Faliqul Isbah

Penulis        : Anik Maghfiroh

Editor          : Baryachi

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…