Wujudkan Pendidikan Berkompetensi Global, UIN Gus Dur Gelar FGD Pembentukan LSP

28 May 2024

Pekalongan – Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Acara ini berlangsung pada tanggal 20-23 Mei 2024 di Hotel Patra Jasa Semarang dan diikuti oleh pimpinan Universitas, dosen dan tenaga kependidikan. FGD ini bertujuan untuk menyusun dokumen pembentukan LSP serta merumuskan langkah-langkah yang konkret dan strategis untuk memastikan keberhasilan pembentukan LSP.

Rektor UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., dalam sambutannya menekankan pentingnya pembentukan LSP sebagai langkah strategis untuk meningkatkan daya saing lulusan di dunia kerja. "Dengan adanya LSP di UIN Gus Dur, kami ingin berupaya untuk memastikan bahwa mahasiswa UIN tidak hanya unggul secara akademis dan keagamaan, tetapi juga memiliki kompetensi yang diakui secara nasional maupun internasional, sehingga mampu bersaing di dunia kerja," ujar Prof. Zaenal.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Gus Dur, Prof. Dr. H. Maghfur, M.Ag.,  menyampaikan terkait pentingnya FGD pembentukan LSP dan komitmen universitas untuk memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi mahasiswa. " FGD ini menjadi momentum penting bagi kita semua untuk merancang masa depan pendidikan yang lebih inklusif dan berkompetensi global. Kami percaya bahwa LSP akan menjadi instrumen yang efektif dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks." kata Prof. Maghfur.

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dosen dari berbagai fakultas dan program studi di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang turut memberikan masukan terkait dengan skema kompetensi dan kebutuhan sertifikasi di bidang masing-masing.  Hasil dari FGD ini akan dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan rencana aksi pendirian LSP di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. UIN Gus Dur berkomitmen untuk segera merealisasikan pendirian LSP guna meningkatkan kualitas dan daya saing lulusannya di tingkat nasional dan internasional.


Penulis : Miftahul Huda

Editor  : Baryachi

                 
UIN K.H. Abdurrahman Wahid
Kampus 1: Jl. Kusuma Bangsa No.9 Kota Pekalongan 51141
Kampus 2: Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax : +62 (285) 423418
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…